Follow us On Twitter

Support us. Go follow @SantapanMalming | Spiritual Tweets
https://twitter.com/SantapanMalming

Ads by Santapan Malam Minggu

Jumat, 29 Maret 2013

// //

Santapan Malam Minggu Eps #6

Shallom semua! Okay sekarang adalah artikel kita yang ke enam. Dan kali ini kita ambil judul untuk artikelnya adalah "Pasangan Yang Sepadan Dengan Kita". Beratiii,, kali ini kita membahas tentang pacaran. Hmm okay langsung saja kita ke TKP!!

Kan kita itu anak muda, jadi ya sekarang khusus untuk anak muda, yang sedang jatuh cinta atau putus asa dengan pasangannya, silahkan baca artikel ini! Haha

Ayat yang tepat untuk artikel kali ini ada di Kejadian 2:18
TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."
Weitss yang lagi jomblo langsung sukacita lagi dengar ayat ini. Karena ia akan diberi jodoh oleh Tuhan. Hahaha.

Kali ini kita akan membahas satu ayat saja. Yaitu ayat yang di atas tadi. Faktanya, banyak anak muda yang ngebet mencari pasangan, suka sama temannya, suka sama orang yang baru dilihat, suka sama orang yang beda agama, malu akan dirinya, bahkan suka dengan pasangan orang lain.

Pacaran, apa sih sebenarnya pacaran itu? Kalau kita lihat ayat di Kejadian 2:18 tadi, terdapat kata-kata bahwa Tuhan akan menjadikan penolong baginya. Nah penolongnya kita garis bawahi. Mungkin dari kata-kata penolong bisa kita simpulkan bahwa pacar itu untuk MENOLONG kita. Maksud menolong di sini, artinya adalah memberi support kepada kita. Support dalam apa? Memberi support di dalam kemuliaan Tuhan, di dalam Tuhan, agar kita bisa sama-sama mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tapi faktanya, banyak orang merasa bahwa dirinya tidak menarik, banyak yang merasa bahwa dirinya sangat-sangat tidak sempurna, atau berpikir dirinya tidak punya apa-apa disaat orang yang ia suka, menyukai orang lain.

Kalian pasti pernah kan mendengar kalimat yang berbunyi seperti ini "Don't Judge The Book From The Cover." Itu omong kosong bro! Kenapa omong kosong? Sekarang gini, ada buku covernya bagus, rapi, menarik, dan lain-lain. Ada juga buku yang covernya jelek, kucel, gak jelas, dan lain-lain. Kalian pilih yang mana? Sebagian besar pasti memilih yang covernya menarik, walau pun MUNGKIN saat kita baca, isinya tidak menarik. Tapi orang pasti melihat covernya terlebih dahulu.Sama juga dengan manusia. Tunjukkanlah bahwa kalian memang pantas untuk dicintai oleh orang yang kalian suka itu. Dengan cara perbaiki penampilanmu. Bukan berarti kita memperbaiki dengan baju yang bagus, dan serba mahal. Itu semua hanya tambahan. Tapi maksud dari memperbaiki penampilan itu, bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang baik, menjadi orang yang bisa menghargai segalanya, yang bisa menunjukkan bahwa "THIS's ME!". 

Dan, disaat kita bisa memperbaiki cover kita, jangan lupa juga kita perbaiki juga isinya. Agar apa yang terlihat orang, sama dengan apa yang tidak dilihat orang. Pertanyaannya adalah, apa yang tidak terlihat itu? Yaitu, hati! Kalau hati kita dipenuhi dengan Roh Allah, apa sih yang tidak bisa terjadi? Karena faktanya, apa yang keluar untuk kita lakukan, itu semua berawal dari hati.

So, mari kita perbaiki isi hati kita, dan perbaiki cover diri kita, agar orang melihat bahwa kita baik adanya. Sehingga Tuhan akan memberikan pasangan yang sepadan dengan kita, dan kalian bisa saling memberi support agar kalian bisa saling mendekatkan diri dengan Tuhan.

Nah, kalau itu sudah bisa kita lakukan, ada lagi yang harus kita lakukan juga. Apa itu? Kita harus bisa berkomitmen kepada Tuhan, bahwa pasangan kita sekarang, itulah yang harus kita jaga. "Ah lo lebay niel!" Mungkin itu yang keluar dari beberapa orang yang membaca artikel ini. Tapi sekarang gini, dari hal kecil saja kita tidak bisa berkomitmen, bagaimana disaat Tuhan sudah menetapkan siapa jodoh kita, apakah kita bisa langsung berkomitmen? Karena apa yang kita lakukan sekarang, itu adalah cerminan kita untuk masa depan. Kalau kita tidak berubah dari sekarang, disaat dewasa nanti, ya tidak akan jauh beda. Bahkan mungkin bisa lebih parah.

"Tapi kan tidak semua kayak gitu! Semua orang bisa berubah kapan saja. Mana tau kita bisa berubah dengan sejalannya waktu." Mungkin ada juga yang berkata seperti itu. Iya memang segala sesuatu bisa berubah dengan sejalannya waktu. Tapi kalau kita SELALU MENUNDA-NUNDA waktu, ya sama saja bohong. Memang Tuhan Yesus bisa merubah kita kapan saja. Tapi alangkah baiknya, kalau kita mau berubah dari sekarang. Karena logikanya, apa yang kita tabung, semakin lama kita tabung, semakin besar juga apa yang kita tabung. Kalau kita menabung hal negatif, saat dewasa, yang akan kita tuai juga hal negatif. Coba kita tabung dari sekarang berbagai komitmen terutama komitmen MENGHARGAI pasangan kita, dewasa nanti pun kita sudah paham bagaimana cara untuk berkomitmen sehidup semati dengan pasangan kita.

Dan, aku punya tips-tips mencari pasangan yang memang sepadan bagi kita, dan yang pasti direstui oleh Tuhan Yesus. Hehe

  1. Tips pertama, carilah pasangan yang seiman. Itu sangat jelas, dan tidak boleh di ganggu gugat. Kita lahir dan hidup bersama Tuhan Yesus, hingga kita telah dibebaskan dari roh perbudakan, dan sekarang kita telah menjadi anak-Nya, dengan cara Ia mau mati di kayu salib demi menebus kita. Tega kah kita menyalibkan Tuhan Yesus untuk kedua kalinya? "Tapi kan baru pacaran." Pasti ada yang jawab seperti itu. Tapi, semakin lama kita mengenal pasangan kita itu, akan semakin sayang pula kita terhadap dia. Dan dosa terbesar kedua itu adalah cinta. Banyak orang yang lebih rela memenangkan cintanya dengan cara menyalibkan Tuhan Yesus kedua kalinya, dibandingkan ia mencari pasangan yang sepadan dengan kita, dan sepadan di mata Tuhan. Jadi, tips pertama adalah, carilah pasangan yang seiman.
  2. Tips kedua, jangan mencari pasangan yang kriteria yang utama dari FISIK orang itu. Kenapa fisik, karena fisik itu hanya sebagai tambahan. Karena nanti pun disaat kita hidup berkeluarga, kita hidup bukan dari fisik. Untuk apa pasangan kita mempunyai fisik yang menarik, namun disaat kalian bareng dia, kalian cuman merasa sedih, capek, dan lain-lain? Karena orang, disaat dia mau mendekati orang yang dia suka, pasti orang itu menggunakan topeng kebesarannya. Agar orang yang ia suka itu tertarik juga kepadanya. Dan saat mereka sudah jadian, saat itu pula topeng itu akan terlepas sendirinya, dan tampaklah karakter aslinya. Dan kebanyakan orang menyesal disaat itu. Mungkin karena dia merasa dulu ada seorang yang lain yang mungkin biasa saja, namun disaat orang itu bersamanya, dia merasa nyaman, senang, dan lain-lain. Dan kini dia hanya bisa menyesal karena salah mengambil keputusan karena matanya dibutakan oleh FISIK pasangannya itu. Dan, kalau kita hanya melihat fisiknya saja, mau sampai kapan kita mencari yang sangat sempurna bagi kita? So, berhati-hatilah.
  3. Tips yang ketiga, bawalah orang yang kita suka, atau pacar kita itu di dalam doa. Minta petunjuk Tuhan Yesus, dan mintalah agar Ia bekerja di dalam hubungan kalian. Karena, tanpa campur tangan bersama Tuhan, pasti kita akan berbelok arah ke jalan yang sangat suram.
  4. Dan yang terakhir adalah, arti pasangan yang sepadan itu adalah sepasang kekasih yang mau merendahkan diri dan membuang egoisnya demi pacarnya itu, agar hubungan yang baik terus terjalin, dan bisa saling mengerti, dan bisa meredam emosinya.
Mungkin itulah 4 tips yang bisa kita coba. Agar kita bisa mendapatkan pasangan yang sepadan, dan hubungan kita itu direstui oleh Bapa kita.

Dan seperti biasa di akhir artikel ada sebuah paragraf yang harus kita tanam di dalam pikiran kita.
Tuhan memberikan pasangan itu yang terbaik bagi kita. Tinggal bagaimana kita mendengarkan petunjuk-Nya saja, agar apa yang kita lihat tidak HANYA dari penampilan FISIK, namun kita melihat penampilannya yang menarik, dan isi hatinya yang baik, agar kita dapat bisa berkomitmen di dalam Tuhan untuk bisa saling menghargai satu sama lain dan menjadi penolongnya agar kita bisa bersama-sama masuk dalam kerajaan Allah, dan yang pasti kita direstui oleh Tuhan Yesus.
God Bless! :)